Penyakit Tifus

Seperti yang saya bicarakan dahulu pada postingan yang berjudul GEJALA DAN PENYEBAB TYPUS maka saya akan membahas bagaimana cara menangani pasien yang terkena penyakit tifus sebelum dibawa kerumah sakit sebab penyakit ini jika terlambat penangananya maka akan berakibat fatal.
Jika ada keluarga atau kerabat anda mengalami demam, maka sebaiknya jangan demam itu disepelekan sebab bias saja demam itu akibat dari penyakit yang berbahaya seperti DBD dan Tifus.

Dalam pengobatan tifus yang terpenting adalah mendeteksi dan mengobati sedini mungkin sehingga dapat mencegah terjadinya komplikasi (baca GEJALA DAN PENYEBAB PENYAKIT TIPES). Jika demam terus tinggi berlangsung lebih dari 5-7 hari atau terdapat gejala yang berhubungan dengan komplikasi tifus (baca GEJALA DAN PENYEBAB PENYAKIT TIPES) sebaiknya anda atau keluarga anda membawanya kerumah sakit. Namun sebelum ke dokter , karena biasanya terjadi lain hal maka tak ada salahnya anda melakukan penanganan awal pada pasien tersebut.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

-memberikan makanan yang mudah dicerna seperti bubur atau nasi asalkan sipasien mengunyahnya dengan baik.
-Jangan memberikan pasien makanan yang mengandung serat yang tinggi seperti pudding dan sayur-sayuran. Hindari juga makanan yang pedas atau yang asam sebab dapat mengakibatkan iritasi pada usus dan sangat berisiko menimbulkan pendarahan. Jika usus berdarah akibat hal tersebut masih bias sipasien mengkonsumsi susu namun jika usus bocor maka meminum susu dan makan sebaiknya dihentikan dulu.
-Sebaiknya pasien istirahat yang cukup sebab istirahat sama halnya dengan obat.
-Jangan lupa sering-sering mengkonsumsi minuman sebab disaat kita demam banyak skali cairan yang hilang dan jika anda terkencing-kencing itu lebih baik lagi. Sebaiknya minum air 1,5 – liter/perhari jangan kurang dari itu.
-Mencuci tangan disaat anda mau makan dan minum dan juga jangan lupa menutup maknan dan minuman agar terhindar dari kotoran dan kuman.

Untuk mencegah penyakit Tipus :
Penyakit tipus merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya juga karena dapat menular melalui makanan dan minuman yang tercemar dengan kuman tipes yang berasal dari sipendetita. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghindari penyakit tipus ini yaitu :
-kalau bisa anda menghindari mengkonsumsi jajanan dipinggir jalan dan jangan mengkonsumsi telur ayam setengah masak . sebab pada telur ayam biasanya terdapat kotoran ayam yang mengandung kuman tipes.
-Karena sekarang sudah terdapat vaksin tipus yang disuntikan atau diminum yang dapat melindungi anda selama 3 tahun dari serangan penyakit ini.
-Meningkatkan daya tahan tubuh dengan gizi yang baik, istirahat yang cukup (7-8jam/24 jam), olahraga secara teratur 3-4 kali seminggu selama 1 jam.
-Bagi anda yang pernah terserang tipes sebaiknya tidak melakukan kegiatan yang sangat melelahkan karena akan lebih mudah kambuh kembali dari pada orang yang tak pernah menderita tipes sebelumnya.
-Hindari makanan yang tidak higienis
-Mencuci tangan sebelum makan.
Penyakit tipus ini tidak boleh dianggap enteng. Penderita tipus dapat mengalami komplikasi perdarahan pada usus halus dan usus halus berlubang, infeksi paru, infeksi empedu. Pengobatan penderita tipus juga harus dilakukan secara total. Pengobatan yang tak tuntas, membuat bakteri akan terus terbawa dan berkembang biak. Bahkan tingkat kemungkinan kambuh lagi dapat mencapai 15 persen. Selain itu penyakit ini juga dapat kambuh sesudah 2 minggu pemberian antibiotik.

Lalu bagaimana caranya agar dapat benar-benar sembuh dari tipus? Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh penderita tipus atau yang pernah terkena tipus :
1. Harus berobat tuntas, dalam artian, pada saat sakit, harus istirahat total, makan makanan yang lunak, dan antibiotik yang diberikan dokter dihabiskan, sampai 7 hari bebas demam. Dengan cara demikian, semoga hampir semua bakteri mati, dan sisa bakteri yang masih hidup dapat diatasi oleh sistem kekebalan tubuh.
2. Jangan makan makanan yang kurang sehat dan bersih, karena kemungkinan tipus dapat menyerang kembali.
3. Daya tahan tubuh juga harus ditingkatkan, seperti gizi yg baik, tidur 7-8 jam sehari, olah raga secara teratur 3- 4 kali seminggu selama 1 jam.
4. Bagi orang yang pernah mengalami penyakit tipus sebaiknya tidak melakukan kegiatan yang sangat melelahkan. Karena akan lebih mudah kambuh kembali daripada orang yang sama sekali belum menderita tipus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOME CARE

STRUKTUR ORGANISASI PPNI

OXYGEN THERAPY (TERAPI OKSIGEN)