CORETAN SUKSES

KAMBING PUTIH
JADI HITAM

Oleh : I Wayan Arsiawan Adi, S.pd, SE, Amd.kep

Selagi hidup setiap manusia selalu akan mengahadapi serangkaian masalah. Setiap permasalahan yang timbul yang menjadi topic utama adalah apa dan siapa penyebabnya?. Selalu mencari kambing hitam ke sana-kemari. Setiap orang yang dicurigai berpotensi akan menjadi tersangka. Tuduhan yang tidak mendasar merupakan akar timbulnya masalah baru. Kemudian akan muncul banyak kambing hitam yang akan menjadi tersangka timbulnya kesulitan-kesulitan maka masalah lama belum selesai yang baru muncul lagi. Kenapa setiap masalah yang timbul banyak orang getol hanya mencari kambing hitam saja? Dari manakah kambing hitam itu sebenarnya berasal? Apakah dengan menemukan kambing hitam sebagai tersangka utama masalah tersebut bisa dituntaskansemuanya tuntas?
Cobalah mulai kita merenung! Kalau kita mau jujur bahwa reaksi orang lain atau tanggapan orang lain terhadap kita adalah akibat dari aksi yang kita lalukan terhadap mereka. Tidakan kita berupa ucapan, tingkah laku dan pikiran yang diperlihatkan lewat sikap terhadap orang lain sangatlah menentukan reaksi dari orang yang menerimanya. Reaksi orang lain yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan disebut masalah bagi diri kita. Jadi kitalah yang menyebut masalah ketika sebuah kenyataan yang timbul tidak sesuai dengan harapan. Dan lucunya lagi masalah itu pada dasarnya kita sendiri yang mengawali kemudian orang lain bereaksi. Ketika reaksinya tersebut tidak sesuai dengan harapan, maka dengan gampang kita sebut mereka menimbulkan masalah.
Dengan timbulnya masalah kemudian kita akan beruasaha mencari kambing hitam penyebab masalah tersebut. Selama kita masih selalu berusaha mencari kambing hitam di luar, kita akan dibuat lelah, frustrasi dan putus asa karena kambing hitam itu selalu akan muncul dan bahkan menjadi lebih banyak lagi.
Marilah sekarang kita mencoba berhenti mencari kambing hitam bila setiap timbul masalah. Cobalah energi yang terbuang sia-sia kita simpan dengan cara berhenti mencari kambing hitam ke luar. Mulailah merenung! Lihatlah ke dalam diri! Temukanlah kambing yang kita cari tadi di dalam. Saya yakin banyak orang tidak akan menemukan warna kambing hitam di dalam dirinya. Mereka jarang mau mengakui bahwa setiap masalah yang timbul sumber utamanya adalah dirinya sendiri. Hanya orang-orang yang bijaksanalah yang akan mampu menemukan kambing berwarna putih ketika mau mencari penyebab masalah ke dalam diri sendiri. Munculnya kambing hitam yang kita selalu cari bila ada masalah merupakan hasil duplikat kambing putih yang ada di dalam diri yang kita poles dengan warna hitam. Warna hitam itu tebentuk akibat pencampuran aneka warna seperti warna kebencian, kesombongan, iri hati, kecurigaan, ketakutan, kemarahan , egoisme, keserakahan dan sebagainya. Setelah dicat dengan aneka warna-warni di atas kambing yang putih tadi akan menjadi kambing berwarna. hitam. Karena banyak ada kambing hitam di dalam diri hasil duplikat tadi beberapa kambing itu keluar kandang kesadaran. Maka munculah banyak kambing hitam di luar. Kemudian setiap ada permasalahan kita akan selalu mencarinya ke luar. Padahal banyaknya kambing hitam sebagai penyebab masalah itu adalah hasil dari produksi kambing dalam negeri.
Masalah tidak akan pernah selesai dengan baik bila masih selalu mencari kambing hitam ke luar sebagai akar penyebabnya. Setelah kita tahu bahwa semua yang terjadi di luar adalah bersumber dari diri sendiri. Maka setiap ada permaslahan marilah kita menemukan kambing putih yang ada di dalam diri masing-masing. Dan setelah ketemu jangan dioles dengan beraneka warna sifat buruk manusia, niscaya kambing putih itu akan tetap berada di dalam kandang kebijaksanaan. Selamat memelihara kambing putih di dalam kandang kebijaksanaan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOME CARE

STRUKTUR ORGANISASI PPNI

OXYGEN THERAPY (TERAPI OKSIGEN)